Beranda | Artikel
Keutamaan Bulan Ramadhan
Rabu, 30 Mei 2018

Bersama Pemateri :
Mutiara Sahur

Keistimewaan Bulan Ramadhan merupakan untaian mutiara sahur dan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. Kajian ini disampaikan pada 9 Ramadhan 1439 H / 25 Mei 2018 M.

Download kajian sebelumnya: Tiga Macam Kesabaran Ketika Puasa

Ceramah Agama Islam Tentang Keutamaan Bulan Ramadhan

Diantara keistimewaan bulan puasa adalah pintu-pintu dibuka, pintu neraka ditutup, setan-setan akan diikat, pintu-pintu rahmat akan dibuka, pintu-pintu langit juga akan dibuka, dan Malaikat menyeru, “wahai yang menginginkan kebaikan, kemarilah. Wahai yang menginginkan keburukan, tahanlah.” Dan setiap malam bulan ramadhan, Allah memerdekakan hamba-hambaNya dari api neraka. Hal ini ditunjukkan oleh hadits Abu Hurairah dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا كَانَ أَوَّلُ لَيْلَةٍ مِنْ شَهْرِ رَمَضَانَ صُفِّدَتْ الشَّيَاطِيْنُ وَمَرَدَةُ الْجِنِّ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ فَلَمْ يُفْتَحْ مِنْهَا بَابٌ وَفُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ فَلَمْ يُغْلَقْ مِنْهَا بَابٌ وَيُنَادِيْ مُنَادٍ يَا بَاغِيَ الْخَيْرِ أَقْبِلْ وَيَا بَاغِيَ الشَّرِّ أَقْصِرْ وَلِلَّهِ عُتَقَاءُ مِنَ النَّارِ وَذَلِكَ كُلَّ لَيْلَةٍ

 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam juga menyebutkan bahwa setiap malam bulan ramadhan Allah memerdekakan hamba-hambaNya dari api neraka. Dan inilah lafadz yang shahih. Adapun lafadz yang diriwayatkan oleh Abu Huzaimah bahwa ramadhan terbagi menjadi tiga, sepuluh pertama rahmat, sepuluh yang kedua ampunan, sepuluh yang ketiga adalah pemerdekaan dari api neraka. Ketahuilah bahwa hadits tersebut mungkar (periwayatan perawi yang dhoif dan bertabrakan dengan perawi yang lebih tsiqoh).

Simak Penjelasan Lengkapnya dan Download mp3 Ceramah Agama Islam Tentang Keutamaan Bulan Ramadhan


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/31251-keutamaan-bulan-ramadhan/